Share of voice
merupakan salah satu pengukuran paling umum yang digunakan untuk
mengukur kinerja media sosial. Tapi apakah Anda benar-benar mendapat
gambaran yang lengkap? Karena pengukurannya lebih dari sekadar
menyebutkan merek.
Ada cara untuk mengukur share of voice di luar penyebutan merek. Tidak hanya seberapa banyak share of voice yang Anda miliki, namun bagaimana dampak percakapan merek terhadap pesaing Anda.
Dengan menggunakan data dari laporan Simply Measured’s,
kita akan mengetahui bukan hanya bagaimana kita bisa mendapatkan
pengukuran yang melampaui penyebutan merek, namun juga seberapa besar
dampak share of voice terhadap persepsi merek, pasar regional, lalu lintas situs, dan banyak lagi.
Mengukur keyword share of voice
Mengukur share of voice merek Anda terhadap kata kunci yang spesifik dapat menjelaskan bagaimana pengguna mendiskusikan merek Anda dibanding pesaing.
Hal itu tentu tergantung pada kata kunci yang dibandingkan. Anda juga bisa mendapatkan insight yang berkaitan dengan kategori produk atau atribut merek tertentu.
Data ini
akan sangat berguna untuk mengukur kinerja yang bertujuan untuk
membangun kesadaran produk atau pergeseran persepsi terhadap merek Anda.
Segmen share of voice menurut lokasi
Share of voice
menurut lokasi dapat menunjukkan pasar regional yang paling memiliki
kesadaran merek dan terlibat dengan kehadiran merek di ranah sosial.
Data tersebut dapat membantu Anda mendistribusikan konten yang relevan,
perencanaan berbasis lokasi, dan mengukur kemampuan merek dalam
meningkatkan kesadaran di pasar yang lebih spesifik seperti sekarang
ini.
Bandingkan potensi impression dan reach
Guna mengukur tingkat kesadaran konsumen, share of voice biasanya mengukur penyebutan merek dari total tweets. Namun, persentase share of voice tidak menjelaskan berapa banyak pengguna unik yang membahas merek, atau berapa banyak pengikut yang mereka miliki.
Itu sebabnya membandingkan impression (impresi) dan reach
(jangkauan) potensial juga sama pentingnya. Impresi dapat memberitahu
Anda berapa kali para pengguna yang menyebutkan merek Anda.
Mengukur share of voice dari properti online
Segmentasi tweets link ke situs Anda dan situs pesaing dapat memungkinkan Anda mengukur share of voice untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web anda. Share of voice untuk properti online dapat berfungsi sebagai indikator kinerja untuk mengetahui seberapa menarik konten situs Anda untuk di-share oleh pengunjung situs, dan seberapa baik akun media sosial dan upaya pemasaran yang telah terintegrasi dengan situs Anda.
Melacak penggunaan tagar.
Banyak merek
yang menggunakan tagar. Mereka menggunakannya secara rutin dalam
konteks tema-tema percakapan yang spesifik. Membandingkan share of voice dengan penggunaan tagar mencerminkan kemampuan merek dalam mendorong orang lain untuk membicarakan merek.
Teknik ini juga sangat efektif untuk mengukur share of voice yang dorong oleh tagar dalam iklan TV
Mengidentifikasi overlap percakapan terhadap pesaing
Persentase overlap dalam percakapan terhadap pesaing dapat mengukur seberapa sering merek Anda disebutkan dalam tweets yang juga menyebutkan pesaing. Overlap conversation
dapat menunjukkan loyalitas merek atau diskusi sebuah produk yang unik,
sementara tingkat perbandingan sinyal overlap biasanya terlihat di
antara merek yang sangat kompetitif.
Sumber: Simplymeasured.co
0 komentar:
Posting Komentar