Minggu, 19 Mei 2013

Tips Menghindari Asam Urat

 
Penyakit asam urat bukanlah penyakit yang mematikan. Namun jika dibiarkan begitu saja maka menyebabkan komplikasi ke penyakit lainnya. Asam urat juga dikenal dengan istilah reumatik oleh kalangan masyarakat luas. Pada umumnya yang mengalami penyakit ini, orang yang sudah berusia 40 tahun  keatas. Akan tetapi penyakit ini sebenarnya tidak mengenal usia, karena dengan melihat berbagai ciri-ciri dari penyakit asam urat, biasanya badan pegal-pegal, sakit otot, sakit persendian lutut, pinggang, punggung, pinggul, pundak, dan bahu.

       Penderita asam urat biasanya juga memiliki keluhan lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, diabetes dan aterosklerosis. Separuh dari penderita asam urat adalah orang yang kegemukan. Bila dibiarkan, penyakit asam urat bisa berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.
Berikut tips untuk mencegah dan mengurangi resiko penyakit asam urat :

1. Mengurangi Berat Badan Secara Bertahap

Jika berat badan berlebihan, kurangi secara bertahap, karena penurunan berat badan dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Tetapi hindari diet ketat berlebihan karena dapat merusak kesehatan. Bagus sekali jika didampingi dengan olahraga yang teratur.


2. Konsumsi Makanan Rendah Purin (Diet Rendah Purin)

Purin merupakan komponen organik yang menyebabkan asam urat. Zat ini masih diperlukan di dalam tubuh hingga batas normal terpenuhi. Makanan yang paling berbahaya dan disarankan jangan dikomsumsi agar anda terhindar dari penyakit ini, yaitu makanan yang mengandung purin tinggi : 1. Cumi-cumi. 2. Kerang.3. Kepiting. 4. Melinjo.5. Pangkreas.6. Udan. 7. Hat. 8. Jantung. 9. Paru. 10. Usus.11. Sarden.

Setelah melihat makanan yang tidak boleh dikomsumsi diatas masi ada pula hal yang perlu dihindari yaitu makanan atu minuman yang menggunakan ragi, antara lain :
     1. Minuman beralkohol
     2. Makanan seperti : Roti, Tape, Brem-brem, Apem.
Konsumsilah makanan mengandung kalsium dan antioksidan tinggi.


3. Minum Air Putih Lebih Banyak

Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Konsumsi air putih diyakini dapat meningkatkan pembuangan zat yang tidak berguna seperti asam urat berlebihan dari dalam tubuh. Minumlah setidaknya 6-8 gelas sehari.


Mengapa harus komsumsi air putih?
Karena air putih dapat menghancurkan komponen dan jumlah asam urat dalam tubuh. Dengan banyak mengkonsumsi air putih juga dapat memperlancar buang air kecil sehingga kristal-kristal asam urat ikut terbuang.


4. Jaga kondisi tubuh

Mungkin anda mempunyai kesibukan setiap harinya yang banyak menguras tenaga sehingga merasa lelah. Keadaan fisik yang leleah akan menyebabkan metabolisme dalam tubuh tidak berjalan secara optimal dan ini juga bisa memicu kadar asam urat dalam darah meningkat.


Berikut tipsnya, Mencegah lebih baik daripada mengobati
Smoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar