Jumat, 14 Juni 2013

6 Cara Mengukur Share of Voice Merek di Twitter

Share of voice merupakan salah satu pengukuran paling umum yang digunakan untuk mengukur kinerja media sosial. Tapi apakah Anda benar-benar mendapat gambaran yang lengkap? Karena pengukurannya lebih dari sekadar menyebutkan merek.
Ada cara untuk mengukur share of voice di luar penyebutan merek. Tidak hanya seberapa banyak share of voice yang Anda miliki, namun bagaimana dampak percakapan merek terhadap pesaing Anda.
Dengan menggunakan data dari laporan Simply Measured’s, kita akan mengetahui bukan hanya bagaimana kita bisa mendapatkan pengukuran yang melampaui penyebutan merek, namun juga seberapa besar dampak share of voice terhadap persepsi merek, pasar regional, lalu lintas situs, dan banyak lagi.
Mengukur keyword share of voice
Keyword-Share-of-Voice
Mengukur share of voice merek Anda terhadap kata kunci yang spesifik dapat menjelaskan bagaimana pengguna mendiskusikan merek Anda dibanding pesaing.
Hal itu tentu tergantung pada kata kunci yang dibandingkan. Anda juga bisa mendapatkan insight yang berkaitan dengan kategori produk atau atribut merek tertentu.
Data ini akan sangat berguna untuk mengukur kinerja yang bertujuan untuk membangun kesadaran produk atau pergeseran persepsi terhadap merek Anda.
Segmen share of voice menurut lokasi
Share of voice menurut lokasi dapat menunjukkan pasar regional yang paling memiliki kesadaran merek dan terlibat dengan kehadiran merek di ranah sosial. Data tersebut dapat membantu Anda mendistribusikan konten yang relevan, perencanaan berbasis lokasi, dan mengukur kemampuan merek dalam meningkatkan kesadaran di pasar yang lebih spesifik seperti sekarang ini.
Bandingkan potensi impression dan reach
Potential-Impressions-and-Reach-v3
Guna mengukur tingkat kesadaran konsumen, share of voice biasanya mengukur penyebutan merek dari total tweets. Namun, persentase share of voice tidak menjelaskan berapa banyak pengguna unik yang membahas merek, atau berapa banyak pengikut yang mereka miliki.
Itu sebabnya membandingkan impression (impresi) dan reach (jangkauan) potensial juga sama pentingnya. Impresi  dapat memberitahu Anda berapa kali para pengguna yang menyebutkan merek Anda.
Mengukur share of voice dari properti online
Links-to-Brand-Sites-v3
Segmentasi tweets link ke situs Anda dan situs pesaing dapat memungkinkan Anda mengukur share of voice untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web anda. Share of voice untuk properti online dapat berfungsi sebagai indikator kinerja untuk mengetahui seberapa menarik konten situs Anda untuk di-share oleh pengunjung situs, dan seberapa baik akun media sosial dan upaya pemasaran yang telah terintegrasi dengan situs Anda.
Melacak penggunaan tagar.
Banyak merek yang menggunakan tagar. Mereka menggunakannya secara rutin dalam konteks tema-tema percakapan yang spesifik. Membandingkan share of voice dengan penggunaan tagar mencerminkan kemampuan merek dalam mendorong orang lain untuk membicarakan merek.
Teknik ini juga sangat efektif untuk mengukur share of voice yang dorong oleh tagar dalam iklan TV
Mengidentifikasi overlap percakapan terhadap pesaing
Overlap-in-Competitor-Mentions
Persentase overlap dalam percakapan terhadap pesaing dapat mengukur seberapa sering merek Anda disebutkan dalam tweets yang juga menyebutkan pesaing. Overlap conversation dapat menunjukkan loyalitas merek atau diskusi sebuah produk yang unik, sementara tingkat perbandingan sinyal overlap biasanya terlihat di antara merek yang sangat kompetitif.
Sumber: Simplymeasured.co

0 komentar:

Posting Komentar